Loading...
News

Kita Menelan 8 Laba-Laba Setiap Tidur ????

Laba-laba adalah makhluk arachnida (Invertebrata Arthropoda) yang kecil, sensitif terhadap guncangan, dan mudah terbawa angin. Hal ini tentu memperkuat legenda urban yang menyatakan bahwa manusia setiap tahunnya kira-kira menelan hingga 8 laba-laba secara tidak sengaja dalam tidurnya, dikarenakan manusia yang cenderung bergerak dalam tidurnya. Namun apakah legenda urban tersebut benar? Dan dari manakah asal-usul cerita yang membuat kita bertanya-tanya apakah disaat kita tidur malam ini, kita akan memakan laba-laba secara tidak sengaja?

Legenda ini mulai terkenal melalui artikel yang ditulis oleh “Lisa Birgit Holst” di majalah PC Professional pada tahun 1993, yang dimana ia menyebutkan mengenai legenda urban ini dan juga membahas urutan fakta-fakta yang aneh dan tidak terduga. Setelah banyak orang yang menyelidiki legenda ini, banyak bermunculan artikel-artikel yang membahas legenda ini di internet dan merasa bahwa legenda ini benar.

Kemudian munculah seseorang youtuber dengan channel bernama “LEMMiNO” yang penasaran dan menyelidiki legenda ini secara lebih dalam. Dan dalam penyelidikannya dengan mencari artikel yang dibuat oleh Lisa Birgit Holst tersebut kemana-mana hingga hampir ke Jerman tetapi tidak jadi karena ternyata ada perpustakaan jerman dekat tempat tinggalnya, dia tidak juga menemukan artikel tersebut yang membahas mengenai legenda urban ini. Namun akhirnya penyelidikannya pun berujung pada konsklusi, ia membaca di forum “Reddit” bahwa sebenarnya nama dari LISA BIRGIT HOLST adalah anagram dari “THIS IS A BIG TROLL” atau yang dalam bahasa Indonesia berarti “INI ADALAH KEBOHONGAN BESAR”.
Ini adalah merupakan ilustrasi dari sangat mudahnya menyebarkan berita atau cerita yang salah di internet dan netizen masih banyak yang dengan mudahnya percaya dengan hal tersebut dan mengembangkannya yang malah jadinya menyesatkan lebih banyak orang lagi. Hal inilah yang dinamakan circular reporting. Dalam hal kritisi sumber, circular reporting atau konfirmasi palsu adalah situasi yang informasinya terlihat berasal dari sumber-sumber independen yang berbeda, tetapi pada kenyataannya informasi tersebut berasal dari satu sumber. Dalam beberapa kasus, masalah ini timbul secara tidak sengaja melalui praktik pelaporan yang tidak cermat, tetapi dalam kasus yang sedikit, situasi tersebut diyakini disengaja disebabkan oleh sumber aslinya.
Wikipedia juga kadang-kadang dikritisi digunakan sebagai sumber dari circular reporting. Wikipedia memberitahukan kepada seluruh peneliti dan jurnalis agar berhati-hati dalam menggunakan Wikipedia sebagai sumber langsung, alih-alih fokus pada informasi yang akurat yang ada dalam referensi kutipan artikelnya.

Buat yang penasaran dengan video youtubenya, berikut penampakannya 🙂

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *