Loading...
News

Barang Yang Tidak Harus Di Donasikan

Dalam suatu kejadian bencana alam, mulai dari banjir, longsor, hingga erupsi gunung berapi. Dapat dipastikan bahwa akan banyak bermunculan posko pengungsian guna untuk mengevakuasi warga yang terancam bahaya. Dengan jumlah pengungsi yang begitu banyaknya, tidak jarang donasi untuk membantu pengungsi tersebut pun bertebaran dimana-mana, karena bantuan dari pemerintah saja tidak cukup. Namun apakah sebenarnya barang-barang yang selama ini kita sumbangkan sudah tepat bagi mereka yang membutuhkan? Berikut ini adalah barang yang tidak harus, dan seharusnya anda prioritaskan sebagai donasi.

Yang pertama adalah mie instant. Ya, nyatanya makanan yang praktis dan efektif dalam mengenyangkan perut ini sebenarnya tidak baik jika di donasikan terlalu banyak. Selain karena makanan ini tidak baik bagi kesehatan, makanan ini juga membuat bosan para pengungsi dikarenakan hampir setiap hari mereka memakan makanan instant ini.

Daripada memberikan mie instant dalam jumlah yanag banyak, lebih baik kita memprioritaskan untuk memberikan donasi dalam bentuk seperti, susu ibu hamil, botol susu dan dot bayi, bantal serta selimut, obat-obatan, bumbu-bumbu dapur, karpet/tiker, hingga obat nyamuk. Karena sebenarnya barang-barang itulah yang lebih dibutuhkan oleh para pengungsi dibandingkan dengan mie instant yang tidak sehat bagi tubuh.

Selain itu, tinggal di tempat pengungsian juga sangatlah membosankan. Jadi untuk tetap menjaga keceriaan dan semangat anak-anak, bahkan orang dewasa, donasi berupa mainan seperti bola, gundu/kelereng, kartu, dan sebagainya adalah pilihan yang cocok bagi para pengungsi untuk untuk terus mengisi aktivitasnya di dalam posko bencana alam. Dan juga tidak ada salahnya memberikan cemilan, fungsinya agar para pengungsi tidak mudah merasa bosan dan terus ketakutan memikirkan bencana alam yang melanda tempat tinggal mereka. Psikologi mereka harus tetap dijaga agar semangat hidup mereka tidak akan pernah pudar…

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *