Loading...
KomikNews

BENCANA!! MENYUMBANG ATAU TIDAK??

Masih dari Gunung Agung, Karangasem, Bali, sejak mulai dinyatakan “bergeliat” aktif dan hingga kini dinyatakan berstatus awas menyebabkan warga yang tinggal di lereng gunung tersebut mengungsi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, dan melihat hal tersebut mendorong berbagai LSM dan organisasi massa untuk menggalang dana demi warga yang mengungsi ke beberapa titik pengungsian.

Gerakan yang dilakukan secara spontan ini di satu sisi membuat kami sangat bangga dengan apa yang telah sobat-sobat lakukan, banyak aksi yang dilakukan adalah dengan meminta sumbangan pada masyarakat yang berhenti di sekitar lampu traffic light kadang dengan diiringi dengan menyanyi di pinggir jalan, dan hal ini terjadi di hampir semua traffic light yang kami temui di kota Denpasar. Di tengah terik panas dan kadang kerasnya angin mereka menggunakan atribut kelompok mereka untuk mengumpulkan sumbangan dari para donatur yang berada di jalan.

Akan tetapi kemudian di sisi yang lain menimbulkan pertanyaan akan disumbangkan dengan cara apakah uang yang telah mereka kumpulkan tersebut? Tanpa bermaksud untuk tidak percaya terhadap pengorbanan yang telah mereka lakukan, akan tetapi hal-hal yang tidak kita inginkan terkait dengan masalah pengumpulan dana ini perlu juga untuk kita hindari, takutnya ada oknum-oknum yang ingin memanfaatkan situasi ini untuk mengeruk keuntungan untuk dirinya sendiri.

Untuk itu team DEep Work mencoba untuk membantu memberikan info mengenai hal hal yang mungkin perlu sobat DEep perhatikan jika ingin mambantu dalam hal-hal kemanusiaan seperti yang terjadi saat ini.

Untuk sobat yang akan menyumbang, jangan ragu untuk menanyakan ijin teman-teman yang meminta sumbangan tersebut, tanyakan juga siapa penanggung jawabnya dan akan disalurkan dengan cara apa dana yang kita berikan tersebut. Jangan takut untuk menanyakan hal tersebut, karena tentu saja kita tidak ingin sumbangan yang kita lakukan atas dasar kemanusiaan tersebut justru berakhir untuk memperkaya orang lain. Dan karena kita berhak tau kemana saja dana yang akan kita sumbang tersebut tanpa pengaruh dari besar kecilnya sumbangan yang kita lakukan.

Untuk sobat yang tergerak untuk mengumpulkan dana, sebaiknya melengkapi diri dengan ijin yang diperlukan (jika perlu ke dinas sosial maka lakukanlah), mintalah ijin terlebih dahulu terhadap kepala lingkungan di tempat sobat akan berkumpul untuk meminta sumbangan, terkait dengan masalah keamanan saat hari H. Mungkin sobat perlu membekali diri dengan pengetahuan akan bagaiman penyaluran dana tersebut akan dilakukan, dan tentu saja kegiatan tersebut harus dalam wadah kelompok tertentu dimana terdapat penanggung jawab yang bertanggung jawab untuk kegiatan tersebut.

Naahhh demikian info yang bisa kami bagi untuk sobat-sobat semua, terimakasih untuk semua sobat DEep yang telah dengan tulus membantu saudara kita di pengungsian, baik dengan cara menyumbang, mengumpulkan sumbangan ataupun menjadi relawan kesana, semoga apa yang sobat telah kerjakan bisa memberikan manfaat untuk kita semua. Jangan STOP HUMANITY tapi SAVE HUMANITY!

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *