Loading...
News

Top 3 Billboard Hot 100 “1-800-273-8255”

Di jaman yang modern sekarang ini, banyak sekali faktor-faktor yang menjadi penyebab orang dengan mudah merasa depresi, stress, dan gangguaan psikologi lainnya. Serta karena fenomena-fenomena sosial yang kerap terjadi juga menjadi salah satu pemicu terjadinya keinginan untuk mengakhiri hidup, seperti pem-bully-an, diskriminasi, dan juga intoleransi. Dengan begini negeri paman Sam tidak tinggal diam, untuk mencegah naiknya angka kasus bunuh diri karena permasalahan sosial di amerika yang cukup berkembang, mereka pun menciptakan program tali penyelamatan khusus untuk kasus ingin mengakiri hidup sendiri.

Program ini dinamakan National Suicidal Prevention Lifeline. Program ini berbentuk layanan telfon “1-800-273-8255” untuk membantu mendengarkan cerita maupun memberi saran untuk penelfonnya yang sedang berencana untuk mengakhiri hidupnya. Program ini muncul pada tanggal 1 januari 2005, dan program ini diakui berhasil dalam mencegah serta menurunkan persentasi kasus bunuh diri yang ada.

Kemudian pada tahun 2017 munculah lagu yang sekarang saat artikel ini dibuat menjadi top 3 teratas di chart musik terkenal Billboard hot 100 yang berjudul “1-800-273-8255”. Aneh memang pada awalnya sebuah lagu dengan judul nomor telfon, namun nyatanya lagu tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah kampanye mengenai nomor telfon layanan pencegahan bunuh diri. Hal ini sangat efektif karena dengan munculnya lagu ini orang lebih banyak mengetahui akan adanya layanan pencegahan bunuh diri tersebut dan dilihat dari data layanan tersebut, semenjak lagu ini beredar, penelfon dari layanan tersebut naik hingga 27% dan pengunjung website resmi mereka bertambah dari 300.000 menjadi 400.000 di bulan-bulan berikutnya.

Lagu ini juga pernah dibawakan di acara music bergengsi MTV Music Awards 2017 yang dimana semakin menaikan popularitasnya dan penelfon di layanan itu setelah lagu itu dibawakan naik derastis menjadi 50% pada saat itu juga. Tragis sebenarnya mengetahui bahwa banyak sekali orang yang mengalami depresi dan ingin mengakhiri hidupnya, namun di lain sisi kita pun merasa lega karena ada layanan yang bisa dibilang cukup ampuh dalam mencegah hal seperti itu. Apakah layanan ini akan menjadi global dan bahkan ada di Indonesia? Kita tunggu saja.

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *