Loading...
FILMNews

Ulah Publisher EA di Akhir Tahun

EA adalah salah satu game publisher besar yang mengeluarkan game – game terkenal seperti FIFA, Battlefield, Mass Effect dan masih banyak lagi. Namun akhir – akhir ini EA telah membuat heboh dunia maya karena yang mereka lakukan terhadap game Star Wars Batllefront 2. Mereka membuat pemain mau tidak mau terjebak dalam microtransaction (pengeluaran uang nyata untuk konten yang ada di game) atau lootbox. Begitu absurdnya, hingga ada kabar yang menyebutkan bahwa pemain membutuhkan setidaknya 40 jam gameplay hanya untuk membeli karakter hero di dalam game tanpa menggunakan uang nyata. Sepertinya jelas, bahwa EA berupaya membangun game ini dengan satu pikiran yaitu mendorong penjualan Lootbox dengan uang nyata. Terlebih Disney juga tidak tinggal diam karena Franchise Star Wars miliknya ini mendapat image buruk disaat film terbarunya The Last Jedi hendak tayang setelah rilisnya game ini.

Alhasil para fans tidak tinggal diam. Salah satu sub Reddit yang berfokus di game ini “StarWarsBattlefront” langsung aktif menyuarakan kritik mereka terhadap sistem lootbox seperti ini. Apalagi dengan sistem Star Card baru di dalam game yang bisa disederhanakan sebagai kartu buff untuk karakter yang ada, bisa dibeli begitu saja dengan menggunakan uang nyata, memperkuat konsep Pay to Win dan menghilangkan keseimbangan dengan pemain yang tidak melakukan mirotransaction. Kritik yang terus mengalir dan meminta EA untuk mengubah sistem ini mulai mendapatkan dukungan, lewat beragam laporan dari media gaming dan sub-Reddit yang lain. Melihat ancaman terhadap potensi penjualan di hari rilis yang kritis, EA pun angkat bicara. Mereka menyebut bahwa proses grinding di Star Wars Battlefront II ini ditujukan untuk menghasilkan rasa kebanggaan dan pencapaian bagi gamer saat membuka setiap hero yang ada. Namun gamer sepertinya tidak lagi akan “menelan” omong-kosong EA tersebut. Hanya dalam waktu singkat, pembelaan resmi di Reddit ini langsung mendapatkan downvote alias “dislike” dalam jumlah yang masif. Tidak main-main, komentar ini kini dihujani dengan lebih dari 566.000 downvote saat berita ini ditulis, angka downvote tertinggi yang pernah dicapai dalam sejarah eksistensi Reddit.

Selain itu, track record buruk EA juga sudah terlihat dari dulu ketika EA sudah mengakuisisi (membeli) begitu banyak developer gaming agar dipublish dengan nama EA dan “Harga EA”. Dan buruknya, EA telah membuat begitu banyak keputusan yang sangat buruk untuk beberapa game mereka, seperti percepatan rilis Mass Effect 3 yang akibatnya menghasilkan kecacatan dalam game yang sangat buruk, Simcity terbaru dan terakhir Maxis. Tak hanya mengandung banyak bug, pada hari pertama dirilis. Gamer tak bisa memainkan game ini karena menuntut Always Online dan mengingat server EA yang sering down, ini adalah kombinasi yang tepat untuk menjadikan track record yang lumayan buruk..

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *