Loading...
News

Tragedi Swatting Yang Membawa Duka

Swatting adalah keadaan dimana seseorang melaporkan sebuah kejadian mengancam namun tidak benar terjadi atau palsu kepada pihak yang berwajib, dan membuat pihak berwajib mendatangi laporan yang sebenarnya palsu itu. Kejadian ini sering terjadi di dalam komunitas Twitch, yang dimana website live streaming game ini memiliki banyak penonton yang mungkin iseng dan melakukan swatting kepada yang sedang melakukan live streaming. Alhasil para penonton lainnya juga dapat melihat keadaan penggrebekan orang yang kurang beruntung tersebut.

  

Kasus ini banyak terjadi walaupun berbahaya namun rata – rata hanya terjadi penggrebekan semata tanpa memakan korban karena salah paham. Namun baru – baru ini terdapat kabar duka mengenai kejadian swatting ini. Tyler Barriss tertuduh telah melakukan swatting yang menyebabkan kematian seorang pria tak berdosa di tangan polisi. Barriss telah secara resmi dikenai hukuman pembunuhan tanpa disengaja, Barriss menghadapi hukuman maksimal 34 bulan di balik jeruji besi dengan denda maksimal 300.000 dolar.

Barriss menelfon polisi di Wichita, Kansas Amerika untuk melaporkan situasi penyanderaan. Namun kenyataannya tidak seperti itu, dengan insiden yang diduga berasal dari argumen online mengenai permainan Call of Duty. Tim SWAT kemudian tiba di tempat kejadian dan menembak Andrew Finch. Sekarang tergantung jaksa penuntut untuk menunjukkan tindakan Barriss yang menyebabkan kematian, dan tuduhan pembunuhan tanpa disengaja. Dan setelah ditelusuri ternyata Barris juga dulu pernah melakukan swatting di Canada namun waktu itu tidak memakan korban. Tindakan ini sangat sering terjadi tidak hanya di Amerika, bahkan di Eropa juga kerap terjadi. Dengan begitu seharusnya kita lebih bijak dalam menggunakan telepon dan jangan sampai tragedi swatting ini terjadi di Indonesia.

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *