Loading...
Kumpulan Tips-DEepWorkNews

Facebook Kecolongan 50 juta Data Penggunanya Kepada Layanan Quiz, Berikut Cara Mencegahnya!

Tuduhan bahwa firma riset Cambridge Analytica menyalahgunakan data dari 50 juta pengguna Facebook telah membuka kembali perdebatan tentang bagaimana informasi di jejaring sosial sebenarnya dibagi dan dengan siapa. Jadi ada sebuah quiz yang menawarkan untuk menguji IQ Anda, mengungkapkan kepribadian batin Anda, atau menunjukkan kepada Anda apa yang akan Anda lihat jika Anda adalah seorang aktor yang glamor. Di dalam quiz Facebook ini anda pun banyak memberikan data  pribadi anda, yang membawa Cambridge Analytica diduga telah digunakan untuk memanen data jutaan orang. Banyak kuis semacam itu datang dengan meyakinkan bahwa data anda aman.

Permainan dan kuis ini dirancang untuk menggoda pengguna tapi mereka sering hanya melakukan pengumpulan data massal dan satu syarat dan ketentuan Facebook memungkinkannya. Advokat privasi Electronic Frontier Foundation mengatakan bagaimana kuis ini mengumpulkan data yang tercermin “bagaimana persyaratan layanan dan API Facebook disusun pada saat itu”. Facebook telah mengubah syarat dan ketentuannya untuk mengurangi informasi yang dapat dikumpulkan pihak ketiga, khususnya menghentikan mereka mengakses data tentang teman pengguna. Belum jelas tepatnya informasi apa yang dipegang oleh perusahaan – perusahaan quiz ini, dan sekarang masih menjadi subjek penyelidikan oleh otoritas perlindungan data Inggris, ICO.

Berikut adalah cara untuk anda melindungi data pribadi anda di Facebook

–Pertama masuk ke Facebook dan kunjungi halaman pengaturan aplikasi

–Lalu klik tombol edit di bawah aplikasi, Situs Web dan Plugin

–Kemudian nonaktifkan platform

Ini berarti anda tidak akan dapat menggunakan situs pihak ketiga di Facebook dan jika itu adalah langkah yang terlalu jauh, ada cara untuk membatasi informasi pribadi yang dapat diakses oleh aplikasi saat masih menggunakannya:

–Masuk ke halaman pengaturan aplikasi Facebook

Hapus setiap kategori yang tidak Anda inginkan untuk diakses oleh aplikasi, yang meliputi bio, ulang tahun, keluarga, pandangan keagamaan, jika Anda online, posting di timeline, aktivitas, dan minat anda.


Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *