Loading...
Video Games

Sang Legenda Video Game Co-Founder Atari Ted Dabney Meninggal Dunia

Ted Dabney, co-founder Atari dan salah satu tokoh pertama industri video game, telah meninggal pada usia 81 tahun. Sejarawan video game sekaligus teman dekatnya, Leonard Herman mengumumkan melalui Facebook bahwa Dabney telah meninggal, menyatakan “Warisan Anda akan hidup dalam waktu yang lama!” Eurogamer melaporkan bahwa akhir tahun lalu, Dabney didiagnosis menderita kanker esophagus dan memilih untuk tidak mencari perawatan medis.

Pada tahun 1971, Dabney dan Nolan Bushnell bekerja sama untuk menciptakan perusahaan teknik Syzygy di mana mereka mengembangkan dan meluncurkan  video game arcade pertama yang tersedia secara komersial, Computer Space. Perusahaan itu kemudian akan melanjutkannya sebagai Atari di mana ia membuat kesuksesan besar dengan peluncuran Pong, menjadikan perusahaan sebagai landasan utama industri.

Setelah pertikaian manajemen dengan Bushnell, Dabney meninggalkan Atari pada tahun 1973. Sementara kehadirannya dalam adegan video game berkurang, Dabney memang muncul dalam beberapa wawancara sejak kepergiannya, yaitu episode podcast Retro Gaming Roundup pada tahun 2010. Beberapa komponen sirkuit video Dabney digunakan dalam penciptaan Computer Space yang kemudian digunakan kembali untuk menciptakan Pong,  guna memperkuat kepentingannya di industri.


Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *