Loading...
News

Bukti Terbaru Mars Dapat Menjadi Tempat Tinggal Makhluk Hidup

Temuan baru dari NASA robot rover yang bernama curiosity memberikan bukti yang menunjukkan Mars bisa sekali mempertahankan kehidupan organik. Menurut NASA, molekul organik “keras” yang mengandung karbon dan hidrogen telah ditemukan di dalam batuan sedimen berumur tiga miliar tahun yang dikenal sebagai batulumpur, yang terletak di dalam Gale Crater. Siaran pers dari NASA mencatat bahwa sementara molekul organik ini mungkin menunjukkan tanda – tanda kehidupan, namun bukan bukti kehidupan yang pasti.

Keingintahuan belum menentukan asal-usul molekul, tetapi data masa lalu telah menunjukkan bahwa situs penemuannya, Gale Crater, pernah menjadi tuan rumah danau di permukaan Mars miliaran tahun yang lalu. Danau cair seperti yang dipertanyakan akan memiliki “bahan” untuk menopang kehidupan, menurut para ilmuwan. NASA juga menemukan variasi dalam gas metana yang dilacak selama tiga tahun Mars (enam tahun di Bumi), yang diyakini para ilmuwan dapat dihasilkan dari kimia air pada batu atau sesuatu yang biologis. Menurut laporan itu, metana yang sebelumnya terdeteksi di atmosfer Mars, khususnya di dalam Gale Crater, nampaknya memuncak pada bulan-bulan hangat dan turun di musim dingin.

Penemuan seperti ini memberikan program yang akan datang seperti rover Mars 2020 di NASA dan ExoMars Badan Ruang Angkasa Eropa dapat digunakan di masa depan, kata NASA. “Apakah ada tanda-tanda kehidupan di Mars?” tanya Michael Meyer, ilmuwan utama Program Eksplorasi Mars NASA. “Kami tidak tahu, tetapi hasil ini memberi tahu kami bahwa kami berada di jalur yang benar.”


Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *