Loading...
NewsTechnologyVideo Games

Pembajak Game Terkenal Akhirnya Ditangkap Polisi, Bagaimana Kelanjutan Pembajakan di Industri Game?

Denuvo atau juga disebut Denuvo Anti-Tamper merupakan sistem DRM (Digital Rights Management) yang dikembangkan oleh Denuvo Software Solutions GmbH, sebuah perusahaan software asal Austria, dimana perusahaan ini merupakan bentukan perusahaan elektronik raksasa dari Jepang Sony yang bergerak di bidang produksi kepingan Compact Disc, DVD, UMD, dan Blu-ray. Sedangkan software anti-tamper adalah teknologi yang memungkinkan sebuah software sangat sulit dimodifikasi atau mengalami malfungsi jika mengalami modifikasi secara ilegal.

Setelah baru – baru ini PS4 dikabarkan sudah bisa dibajak versi firmware lamanya, Denuvo melakukan tindakan penangkapan kepada cracker yang bernama Voksi. Voksi sudah sangat terkenal sering membajak game – game pc dan melakukannya secara terang – terangan bahkan membeberkan biodata dirinya di forum Reddit dan berbagai media sosial lainnya hingga meminta donasi dengan nomor rekening pribadinya. Dengan begini jelas pihak kepolisian dapat mencari tahu lokasi tempat tinggal Voksi untuk menangkapnya dengan tuduhan dari pihak Denuvo.

Dengan bantuan kepolisian Bulgaria voksi pun ditangkap dirumahnya dan segala pc beserta servernya di sita oleh kepolisian. Setelah kejadian ini Voksi melakukan negosiasi perdamaian kepada Denuvo entah mereka bisa bekerja sama untuk memperkuat DRM Denuvo atau bagaimana nantinya. Penangkapan ini berlatar belakang pembajakan game Besar di tahun 2018 awal yaitu Assassin’s Creed Origins oleh Voksi yang membuat Denuvo sangat geram. Dengan penangkapan ini tentu sangat berdampak positif kepada para developer game agar game – gamenya bebas dari pembajakan. Namun tidak untuk para pemain game di Indonesia yang sudah sangat terbiasa dengan game bajakan.


Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *