Loading...
NewsTechnology

Memberi Uang Kepada Pengemis Dapat Melalui QR Code di Oxford

Sebuah proyek oleh Oxford University telah membuat orang-orang tunawisma memakai kode QR di leher mereka sebagai bagian dari upaya untuk membantu mereka berintegrasi ke dalam masyarakat yang semakin tanpa uang tunai. Greater Change, proyek inovasi sosial yang didirikan oleh Mr Alex McCallion mendistribusikan lanyard dengan kode QR yang melekat pada orang-orang tunawisma yang mendaftar untuk program mereka. “Masalah yang kami coba pecahkan di sini adalah bahwa kita hidup dalam masyarakat yang semakin tanpa uang,” kata MacCallion kepada BBC.

Mengingat bahwa semakin banyak orang beralih ke mode pembayaran virtual daripada membawa receh di sekitar mereka, proyek Mr MacCallion bertujuan untuk memungkinkan orang yang lewat untuk menyumbangkan uang kepada tunawisma menggunakan aplikasi smartphone. Ketika seseorang memindai salah satu kode QR, mereka dapat memberikan donasi melalui smartphone mereka ke dana terbatas. Mereka juga akan dapat membaca profil orang yang disumbangkannya. Profil itu menjelaskan keadaan mereka dan bagaimana mereka menjadi tunawisma atau seperti apa pekerjaan mereka dulu. Masalah lain yang ingin diselesaikan oleh proyek adalah kekhawatiran banyak orang bahwa uang yang diberikan kepada tunawisma akan disalahgunakan untuk membeli barang-barang seperti alkohol atau narkoba. Untuk mengatasi hal ini seseorang ditugaskan untuk mengelola bersama setiap akun orang tunawisma untuk memastikan uang tersebut dibelanjakan dengan benar pada target yang telah disepakati seperti deposito sewa dan memperoleh dokumentasi untuk paspor.

Orang yang menggunakan aplikasi smartphone dapat melihat data orang tunawisma ini serta berapa banyak uang yang telah disumbangkan untuk mereka. Meskipun beberapa orang mungkin menemukan gagasan untuk dipindai sebagai orang yang tidak manusiawi, seorang wanita tunawisma berbicara kepada reporter BBC merasa bahwa itu tidak akan menjadi masalah besar. Ditanya apakah dia “merasa seperti objek di supermarket” ketika kode QR-nya sedang dipindai, dia berkata: “Ya, tapi tidak apa-apa. Jika Anda akan mendapatkan apa yang Anda butuhkan, itu ide yang bagus.

Sumber : BBC


Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *